NASIONALPROV GORONTALO

FKPT Gorontalo Salah Satu Terbaik Nasional

kindhali.id, Bali – Bertempat di Hotel Westin, Denpasar Bali Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) V , 15-17 Desember Tahun 2020 dengan tema ” Sinergi Mencegah Radikalisasi”

Kegiatan ini sekaligus menyerahkan penghargaan kepada sejumlah Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) terbaik , Rabu (16/12/2020).

Untuk diketahui, untuk mencegah tumbuh kembangnya radikalisme terorisme, berbagai kegiatan telah dilaksanakan FKPT Gorontalo selama setahun penuh. Kegiatan itu merupakan program BNPT dengan menggandeng FKPT di berbagai daerah.

Berbagai kegiatan dilakukan dengan menghadirkan siswa dari berbagai sekolah, mahasiswa, pegiat literasi, wartawan, tokoh tokoh perempuan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, hingga guru guru agama.

Selain itu, FKPT Gorontalo juga menggelar survey untuk memetakan potensi radikalisme dalam masyarakat baik dari sisi demografi maupun geografi, mengukur persepsi dan sikap masyarakat terkait kebhinekaan, mengukur perilaku masyarakat terkait literasi digital dan perilaku online serta mengukur efektivitas program kerja BNPT dan FKPT.

“Masih banyak yang harus kita benahi di daerah, terutama belum terjangkaunya sosialisasi ke kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo . Kita harap juga Pemerintah Provinsi juga berkenan memberi dukungan anggaran untuk memperluas sosialisasi bahaya radikalisme, ” ujar Prof Ani Hasan.

Delegasi FKPT Provinsi Gorontalo ke Rakornas selain Prof Ani Hasan antara lain Sekretaris FKPT , Dedy Palyama, Bendahara Nur Bone, dan Kabid Riset, Lukman Laliyo.

Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme adalah mitra BNPT di seluruh provinsi di Indonesia. Forum ini berisi para tokoh yang kompeten di berbagai bidang, dan selama ini aktif dalam upaya mencegah tumbuh kembangnya radikalisme terorisme di Indonesia.

Dalam penganugerahan yang berlangsung Rabu malam itu, FKPT Provinsi Gorontalo masuk 4 FKPT terbaik Nasional yang mendapat penghargaan dari BNPT Republik Indonesia

Penghargaan itu langsung diserahkan oleh Kepala BNPT, Komjen (Pol) Boy Rafli Amar.
Tentunya prestasi FKPT Gorontalo di kancah nasional ini cukup mengharumkan nama daerah.

Terlebih karena penilaian yang cukup ketat dari berbagai indikator. Mulai dari perencanaan program, pelaksanaan kegiatan, hingga penyelesaian laporan pertanggungjawaban.

Di samping itu, kekompakan pengurus FKPT dan staf turut menjadi penilaian oleh BNPT. Ketua FKPT Provinsi Gorontalo, Prof DR. Ani M. Hasan M. Pd, mengucap syukur atas raihan ini.

Menurut dia, prestasi tersebut tidak lain karena kerja keras dan kerjasama tim FKPT Gorontalo dalam menyukseskan berbagai kegiatan.

“Beberapa kriteria yang menjadi penilaian. Diantaranya pertanggungjawaban soal anggaran, sinergitas dengan pemerintah daerah, soliditas tim FKPT, keterlibatan masyarakat, dan lainnya,” ucap guru besar Universitas Negeri Gorontalo ( UNG) ini.

“Alhamdulillah, dari penilaian itu, kita diberikan anugerah yang membanggakan Provinsi Gorontalo di level nasional sebagai FKPT Terbaik ke – 4 Tahun 2020” katanya lagi.

“Sekali lagi terima kasih untuk kawan-kawan dan masyarakat Gorontalo yang telah berpartisipasi dalam kegiatan BNPT dan FKPT pada tahun 2020. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan untuk tahun depan,” ujarnya. (ja)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button