DAERAHKESEHATAN & OLAHRAGAPROV GORONTALO

Badan POM Gorontalo : Hasil Pemeriksaan Kami Vaksin Tersebut Aman, Seperti Vaksin Pada Umumnya

kindhali.id , Gorontalo – Badan POM Provinsi Gorontalo kepada media menjelaskan terkait keamanan vaksinasi yang akan dilakukan perdana di provinsi Gorontalo nanti.

Simpang siur terkait keamanan vaksin menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat di gorontalo.

Berdasarakan hal tersebut Agus Yudi Prayudana selaku kepala BPOM Gorontalo saat ditemui di gedung Deprov kemudian menjelaskan tahapan Vaksin sehingga diakatakan aman. Selasa 12 Januari 2021

Agus menjelaskan bahwa Vaksin tersebut telah melewati uji klinis, dari pra klinik, uji klinis tahap 1,2 dan 3 sehingga sudah memenuhi standar dan regulasi yang memang sudah ditentukan.

“Setiap obat/Vaksin harus melalui uji klinis, ada uji pra klinik, uji klinis tahap 1,2 dan 3, di indonesia vaksin sinovac sudah di uji klinis fase 3 dari bulan agustus 2020, kalau kita hitung mundur ketentuannya uji klinis minimal dilaksanakan selama 6 bulan, itu jatuhnya pada minggu pertama januari” ungkap Agus

Selain itu Agus menyampaikan bahwa hal tersebut juga sudah dikoordinasikan dengan presiden, menteri kesehatan, dan kepala BNPB bahwa uji klinis selesai pada minggu pertama Januari.

Agus juga menyatakan bahwa Vaksin tersebut setelah dilakukan pemeriksaan oleh Badan POM dan hasilnya adalah vaksin tersebut aman karena dampaknya sama seperti vaksin pada umumnya.

“Dari hasil pemeriksaan kami, bahwa produk vaksin sinovac tersebut dinyatakan aman, karena hanya menyebabkan efek samping kurang dari 1 persen, dan itu efek sampingnya minimal, seperti imunisasi pada umumnya” jelas Agus

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa produk tersebut bermutu karena di produksi oleh perusahaan biofarma bersertifikat (CTOP) serta vaksin sinovac berkhasiat sebesar 65 persen yang dinilai sudah memenuhi standar dari WHO. (ja)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button