DPRDEKONOMI

Kelompok Tani Gapoktan Keluhkan Kekurangan Kuota Pupuk, Komisi II Gelar RDP

kindhali.id , Gorontalo – Komisi II Deprov Gorontalo menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dinas Perindag, Dinas Pertanian serta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Selasa 19 Januari 2021

Rapat yang berlangsung di ruang dulohupa deprov tersebut membahas terkait adanya laporan dari kelompok tani atau GAPOKTAN terkait pengurangan kuota pupuk di Kab. Boalemo, Kab. Gorontalo serta kec. Boliyohuto cs.

“Kami mendapatkan informasi dari para kelompok tani yang tergabung dalam GAPOKTAN, terjadi kekurangan terhadap kuota pupuk” ungkap Espin Tulie
Selanjutnya Espin selaku ketua komisi II deprov menyampaikan bahwa dari dinas pertanian menjelaskan bahwa data kuota pupuk memang sudah langsung dari kementrian pertanian.

Espin menambahkan bahwa pengurangan kuota pupuk ini terjadi akibat dari perubahan data secara nasional, dimana kementrian sudah melakukan klasifikasi terhadap unsur hara pada tanah antara wilayah satu dan lainnya yang berbeda.

Olehnya berdasarkan data tersebut, maka kuota pupuk antara wilayah satu dan lainnya juga berbeda tergantung pada unsur hara tanah di wilayah masing masing tersebut.

Lebih lanjut Espin juga meluruskan perihal terkait jika terjadi kekurangan distribusi pupuk, maka itu sudah masuk dalam wilayah dinas perdagangan bukan pertanian lagi, hal tersebut menjadi perhatian Espin mengingat banyak yang menyalahkan dinas pertanian jika terjadi kekurangan distribusi pupuk kepada distributor dan pengecer sementara hal tersebut menjadi tanggung jawab dinas Perdagangan. (ja)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button