DPRDEKONOMIPROV GORONTALO

Komisi II Gelar Rapat Dengar Pendapat Antara Nasabah Dan Bank Mandiri Provinsi Gorontalo

Kindhali.id , Gorontalo – Komisi II yang membidangi Ekonomi dan Keuangan menerima laporan dari nasabah agar di mediasi dengan pihak bank mandiri provinsi gorontalo, Senin 8 Febuari 2021.

Rapat ini dihadiri oleh jajaran komisi II Deprov, Nasabah serta perwakilan dari Bank Mandiri provinsi Gorontalo yang kemudian rapat di gelar di ruang komisi II Deprov.

Espin Tulie selaku ketua komisi II menjelaskan bahwa nasabah ingin dimediasi dan mendapatkan solusi terkait permasalahannya dengan pihak perbankan yang dalam statusnya saat ini kreditnya dalam kondisi macet.

Espin mengungkapkan bahwa permasalahan bermula saat nasabah meminjam kredit ke pihak perbankan Mandiri pada tahun 2016 untuk membuka usaha peternakan ayam akan tetapi kemudian merugi hingga tidak bisa membayar kredit, disisi lain nasabah mengeluhkan proses penagihan dari pihak perbankan.

Lebih lanjut Espin juga menyampaikan bahwa ada kesalahan analisa kredit dari pihak perbankan yang dalam rapat terungkap bahwa pada saat analisa kredit seharusnya nasabah tidak mampu membayar kredit yang melebihi 2,5jt perbulan.

Selain itu juga Espin mengingatkan kepada masyarakat yang meminjam kredit dari perbankan agar dapat mengelola keuangan dengan baik, tidak membelanjakan keuangan kepada hal konsumtif akan tetapi lebih kepada usaha, sehingga bisa meningkatkan ekonomi dari pada nasabah dan perbankan.

Selanjutnya Espin menyampaikan kesimpulan dari rapat tersebut agar nasabah tetap membayar kreditnya akan tetapi juga bermohon agar pihak perbankan dapat mengurangi total kreditnya sehingga nasabah dapat membayar sesuai kemampuannya, mengingat nasabah saat ini tidak memiliki usaha dan hanya bekerja sebagai petugas kebersihan.

“Diskusi kami tadi, telah melahirkan satu kesimpulan, untuk menyelesaiakan nasabah ini dengan permohonan, karena memang dilihat dari kemampuan debitur ini hanya tinggal 300rb perbulan, dengan diskusi tadi harapannya ini bisa dimohonkan untuk dikurangi, agar supaya debitur ini bisa membayar sesuai dengan kemampuannya” Jelas Espin. (ja)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button