DPRDNASIONALPENDIDIKAN

MAKSIMALKAN PELESTARIAN BAHASA DAERAH,DEPROV GORONTALO UBAH PERDA BAHASA

Kindhali.id – DPRD Provinsi Gorontalo akan melakukan merevisi perda tentang bahasa daerah untuk lebih memaksimalkan penggunaan dan pelestarian bahasa

Anggota DPRD Provinsi Gorontalo La Ode Haimudin mengatakan, perubahan tersebut merupakan perubahan yang ke tiga kalinya dilakukan oleh DPRD, sehingga perlu untuk diseriusi.

“Kalau kita sinkronkan dengan peraturan untuk jalannya kerjasama dengan kantor bahasa, ini perlu kita lakukan perubahan peraturannya, terkait pengembangan dan perlindungan dan ini akan menjadi perubahan perda yang ke tiga..” kata La Ode saat diwawancarai di Kantor DPRD. Senin (29/03/2021)

“Ini dalam rangka mengutamakan penggunaan bahasa indonesia, kemudian melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing…” sambungnya.

Adapun tujuan dalam perubahan perda tersebut, adalah untuk lebih memaksimalkan penggunaan bahasa indonesia di ruang-ruang publik dan mengoptimalkan pelestarian bahasa daerah yang ada di Provinsi Gorontalo.

“Tujuannya adalah penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik, bagaimana pelestarian bahasa daerah, apalagi kita di gorontalo punya 4 bahasa, dan mulai menurun karena generasi muda saat ini sudah jarang menggunakannya..”tandasnya.

Saat ini pihak DPRD maupun Pemerintah Provinsi Gorontalo, terus melakukan upaya untuk menjaga dan melestarikan kekayaan budaya Gorontalo, termasuk menjaga Bahasa Gorontalo. (EDO)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button