Menu

Mode Gelap
DPRD Provinsi Gorontalo Sambut Positif Sosialisasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 Diskriminatif dan HIV/AIDS Rapat Forum Konsultasi Publik Terkait RKPD, DEPROV Diminta Menyampaikan Pokir Fikram Salilama  Sebut Materi Bimtek Bagi DPRD Provinsi Gorontalo Tahun 2023 Berbeda Dengan Tahun Sebelumnya How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips

PEMPROV GORONTALO · 30 Apr 2021 08:17 WIB ·

UNU Gorontalo siap menyambut Tombilotohe


					UNU Gorontalo siap menyambut Tombilotohe Perbesar

Kindhali.id , Budaya – Tombilotohe merupakan budaya masyarakat Gorontalo. Budaya ini berupa pemasangan lampu-lampu yang dilaksanakan khusus pada bulan Ramadhan. Kegiatan tombilotohe sendiri dilaksanakan pada tiga malam terakhir ramadhan. Dengan tujuan untuk menyambut datangnnya hari Raya idul fitri.

Pada saat itu masyarakat bergotong royong untuk memasang lampu baik di pekarangan mereka maupun di jalan-jalan utama. Sehingga Gorontalo akan terlihat bercahaya dengan lampu-lampu yang indah tersebut. Tak terkecuali Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo.

Di Bulan Ramadhan tahun ini, Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo siap menyambut budaya Tumbilotohe tersebut dengan memasang ribuan lampu-lampu di sekitaran Rektorat Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo dengan berbagai macam pola.

Menurut ketua panita Frantz Mitran Ajami, S.T., M. Sc
“Kegiatan ini merupakan agenda Universitas, karena sebagai kampus yang berlandaskan ahlusunnah waljamaah dan bernuansa islami kita wajib merayakannya, apa lagi Tumbulotohe ini merupakan budaya yang sudah ratusan tahun dilaksanakan di bumi Nani wartabone ini”.

Lebih lanjut beliau yang merupakan dosen program studi teknik Arsitektur ini juga menjelaskan bahwa dalam Tumbilotohe yang ada di Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo akan ada pembeda dan penciri. Pembeda dan penciri tersebut lebih dititik beratkan pada hal-hal yang berbau riset dan akademis.

Ia memaparkan bahwa untuk settingan nanti pada hari H akan ada photoboot untuk masyarakat yang ingin mengabadikan moment Tumbilotohe ini.

“Jadi setiap fakultas-fakultas yang ada di Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo itu akan memiliki stand-stand dan tempat photoboot yang khusus di sediakan untuk masyarkat Gorontalo. Selain itu akan ada kegiatan-kegiatan lainnya dalam pagelaran budaya Tumbilotohe di lingkup Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.” Menurut Ketua Panitia ini yang juga merupakan Alumni Volgograd State Technical University , Rusia. (Edo)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

DPRD Provinsi Gorontalo Sambut Positif Sosialisasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030

15 Maret 2023 - 18:53 WIB

Potret : Paris Jusuf dalam kegiatan Sosialisasi Indonesia’s FOLU Net Sink Yang Diselenggarakan KLHK

Rayakan HUT RI Ke-77, PASKI Buat Gerak Jalan.

23 Agustus 2022 - 11:54 WIB

DPD PROJO Gorontalo Protes Terkait Kewajiban PCR Bagi Penumpang Pesawat Yang Telah di Vaksin

1 November 2021 - 11:54 WIB

Staf Ahli dan Kesekretariatan Deprov Gorontalo Ikuti Bimtek Peningkatan SDM

30 Oktober 2021 - 18:48 WIB

Komisi I Deprov Minta Pemprov Segera Selesaikan Kendala Kepemilikan Tanah di Hutabohu

27 Oktober 2021 - 10:02 WIB

Terkait Pengabungan OPD, Thomas Mopili : Dinas Perkim Layak Dipertahankan

25 Oktober 2021 - 11:37 WIB

Trending di Parlemen